STRATEGI PENGELOLAAN ONLINE TRAVEL AGENT (OTA) TERHADAP PENINGKATAN PROFIT DI HOTEL GREEN RED SYARIAH JOMBANG

Kurniawan, Aan (2025) STRATEGI PENGELOLAAN ONLINE TRAVEL AGENT (OTA) TERHADAP PENINGKATAN PROFIT DI HOTEL GREEN RED SYARIAH JOMBANG. Other thesis, Universitas Darul Ulum.

[thumbnail of Abstrac] Text (Abstrac)
S1-2025-212361201007 ABSTRACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (232kB)
[thumbnail of Bab I Introduction] Text (Bab I Introduction)
S1-2025-212361201007 BAB I Introduction.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (334kB)
[thumbnail of Bibliography] Text (Bibliography)
S1-2025-212361201007 Bibliography.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (335kB)
[thumbnail of Full Skripsi] Text (Full Skripsi)
S1-2025-212361201007 Full Skripsi.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengltahui bagaimana strategi pengelolaan Online Travel Agent (OTA) di Hotel Green Red Syariah Jombang dapat meningkatkan profit. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam terhadap informan yang terkait dengan pengelolaan OTA di hotel, serta analisis SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan, kellmahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi hotel dalam pengelolaan OTA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hotel telah mengembangkan strategi pengelolaan OTA yang efektif, dengan prosentase revenue yang diperoleh dari OTA mencapai rata-rata 50% dari total revenue hotel, dengan perolehan revenue tertinggi sebesar Rp 73.890.782 pada bulan April dan perolehan revenue terendah sebesar Rp 39.280.333 pada bulan Maret. Analisis SWOT menunjukkan bahwa hotel memiliki kekuatan dalam konsep syariah, lokasi strategis, dan manajemen yang solid, namun juga memiliki kelelmahan dalam keterbatasan lahan parkir dan jumlah kamar yang terbatas. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pelngelolaan OTA yang efektif dapat meningkatkan profit hotel. Oleh karena itu, hotel perlu terus memantau dan mengevaluasi strategi pengelolaan OTA untuk memastikan bahwa strategi tersebut efektif dan sesuai dengan tujuan bisnis hotel.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategy, Management, OTA, SWOT, Profit
Subjects: Universitas Darul Ulum > Fakultas Ekonomi > Manajemen
Universitas Darul Ulum > Fakultas Ekonomi > Manajemen
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Aan Kurniawan 1
Date Deposited: 25 Sep 2025 02:16
Last Modified: 25 Sep 2025 02:16
URI: http://repository.undar.ac.id/id/eprint/1511

Actions (login required)

View Item
View Item