AHMAD HUSNUL, AZIZI (2023) EFEKTIVITAS METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI MAN KOTA MOJOKERTO. Masters thesis, UNIVERSITAS DARUL ULUM.
S2-2023-21010056-ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (35kB)
S2-2023-21010056-BAB I Pendahuluan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (232kB)
S2-2023-21010056-DAFTAR PUSTAKA x.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (171kB)
S2-2023-21010056-Full Report.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pondok pesantren telah terbukti keberhasilannya dalam kontribusinya di dalam dunia pendidikan, dengan menggunakan metode sorogan dalam pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode sorogan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika di MAN Kota Mojokerto sekaligus untuk mengetahui sikap kreativitas dalam pembelajaran serta bagaimana keterlaksanaan metode sorogan tersebut dalam pembelajaran.
Penelitian ini termasuk jenis pre-eksperimen dengan desain the one group pretest posttest pada sampel kelas XI IPA 1 di MAN Kota Mojokerto. Pelaksanaan penelitian dengan mengembangkan instrumen kemudian dilakukan pretest, treatment dengan pembelajaran metode sorogan, lalu dilakukan posttest. Instrumen yang dikembangkan berupa tes uji kreativitas, tes uji prestasi belajar, angket sikap kreativitas, dan lembar observasi keterlaksanaan metode sorogan dalam pembelajaran. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan uji-t antar waktu (t Paired sample-test) pada hasil pretest dan posttest.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada kemampuan berpikir kreatif peserta didik dari 43,3 menjadi 72,2 dengan korelasi 0,428, untuk prestasi belajar dari 38,06 menjadi 84,9 dengan korelasi 0,627 yang menunjukkan metode sorogan sangat efektif. Sedangkan angket sikap kreativitas peserta didik adalah 64,2% kategori kreatif sampai 100% kategori sangat kreatif. Untuk keterlaksanaan metode sorogan dalam pembelajaran sangat baik dengan nilai prosentase lebih dari 80%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sorogan, kemampuan berpikir kreatif, berpikir kreatif, prestasi belajar, fisika, gelombang, efektivitas, kreativitas, uji t. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ahmad Husnul Azizi |
Date Deposited: | 04 Apr 2024 23:13 |
Last Modified: | 04 Apr 2024 23:13 |
URI: | http://repository.undar.ac.id/id/eprint/541 |