PENGARUH PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU MI DARUSSALAM BADANG NGORO

NUR, HAMIDAH (2023) PENGARUH PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA MADRASAH TERHADAP KINERJA GURU MI DARUSSALAM BADANG NGORO. Other thesis, Universitas Darul Ulum.

[thumbnail of Abstrac] Text (Abstrac)
S2-2022-20010022- Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (151kB)
[thumbnail of BAB I Introduction] Text (BAB I Introduction)
S2-2022-20010022-BAB I Pendahuluan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (526kB)
[thumbnail of Bibliography] Text (Bibliography)
S2-2022-20010022-Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (297kB)
[thumbnail of Fullreport Tesis] Text (Fullreport Tesis)
S2-2023-20010022-Fullreport Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Nur Hamidah, 2022.Pengaruh Pelaksanaan Supervisis Kepala Madrasah terhadap Kinerja Guru MI Darussalam Badang Ngoro Jombang. Universitas Darul Ulum Jombang. Pembimbing: (1) Dr. Hj. Adibah, M.Pd.I., (2) Dr. Mishbahush Shudur, M.A.
ABSTRAK
Berdasarkan pengamatan sementara peneliti di MI Darussalam Badang Ngoro Jombang, terlihat bahwa madrasah tersebut terdapat penerapan supervisi pendidikan oleh kepala madrasah namun penulis melihat langsung masih terdapat ruangan kelas yang kosong pada waktu pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kelas, masih terdapat guru yang mengajar tidak berpatokan pada RPP pada saat kegiatan belajar mengajar, masih terdapat guru selalu monoton pada satu metode disetiap pertemuan di dalam kelas. Ini pertanda bahwa kemampuan guru mengelola pembelajaran masih kurang serta kemampuan mengelola kelas belum kondusif. Selain itu, telihat juga masih minim prestasi yang diraih oleh peserta didik tersebut, telihat dari minimnya partisipasi siswa dalam mengikuti perlombaan pendidikan. Seharusnya dengan penerapan supervisi kepala madrasah yang baik kinerja guru semakin baik juga. Oleh karena itu, untuk melihat lebih dekat tentang supervisi kepala madrasah tehadap kinerja guru MI Darussalam Badang Ngoro Jombang, merupakan daya tarik tersendiri bagi penulis untuk melanjutkannya dalam sebuah penelitian.
Metode dan jenis penelitian ini menggunakan kuantitati. Teknik pengambilan sampel menggunakan Probability sampling dengan model Cluster Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru di MI Darussalam Badang Ngoro Jombang yang berjumlah 21 orang temasuk kepala madrasah. Sampel yang digunakan sebesar 21 orang yaitu menjadikan semua populasi sebagai sampel.
Pada uji t parsial atau sendiri-sendiri,hitungan probabilitas < tingkat signifikansi (Sig < 0,05) diperoleh sig sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka variabel independen tidak berpengaruh terhadap variabel dependen dan sebaliknya. Penelian supervisi Kemad tidak berpangaruh pada kinerja guru. Sedangkan dalam perhitungan determinasi R square adalah sebesar ,022 maka variabel penilaian supervisi kamad terhadap kinerja guru sebesar 22%, sedangkan sisanya 78 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dan ini artinya pengaruh penilaian suupervisi Kepala Madrasah lemah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Supervisi, Kepala Madrasah, Kinerja Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam
Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pasca Sarjana
Date Deposited: 08 Oct 2023 00:37
Last Modified: 20 Oct 2023 06:19
URI: http://repository.undar.ac.id/id/eprint/99

Actions (login required)

View Item
View Item