MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL-QURAN SD ISLAM ROUSHON FIKR SEBAGAI PROGRAM UNGGULAN

NI’MAH, HIKMATUN (2023) MANAJEMEN PEMBELAJARAN AL-QURAN SD ISLAM ROUSHON FIKR SEBAGAI PROGRAM UNGGULAN. Other thesis, Universitas Darul 'Ulum.

[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
S2 21010005 Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (658kB)
[thumbnail of BAB I Introduction] Text (BAB I Introduction)
S2 21010005 BAB I Introduction.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[thumbnail of Bibliography] Text (Bibliography)
S2 21010005 Bibliography.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (574kB)
[thumbnail of Full Tesis] Text (Full Tesis)
S2 21010005 Full Thesis.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Sekolah Dasar Islam Roushon Fikr menjadikan pembelajaran al-Quran sebagai salah program unggulannya. Ada serangkaian tahapan yang dilakukan oleh sekolah ini yang menegaskannya sebagai program unggulan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap manajemen pembelajaran al-Quran yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan serta evaluasi. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan di suatu kancah atau di tempat terjadinya gejala. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analis data kualitatif.
Sekolah ini menerapkan manajemen yang baik dalam perencanaan pembelajaran al-Quran. Mereka memiliki pendekatan yang terencana, jelas, dan berorientasi pada pencapaian target. Struktur manajemen yang terorganisir dan terfokus pada bidang keislaman merupakan faktor penting dalam pengelolaan pembelajaran Al-Quran. Pelaksanaan pembelajaran Al-Quran di sekolah ini menggunakan metode Yanbu’a menunjukkan praktik manajemen yang terorganisir dan berorientasi pada pencapaian tujuan pembelajaran. Melalui penggunaan metode yang telah ditentukan dan improvisasi dalam pengelolaan kelas, guru dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif, interaktif, dan bermakna bagi siswa. Pengawasan (controlling) dalam pembelajaran Al-Quran dengan metode Yanbu'a ini dilakukan melalui beberapa aspek, termasuk penilaian hasil belajar, observasi bacaan, Tes Kenaikan Jilid/Juz, dan Imtihan Niha'i (Ujian Akhir). Melalui pengawasan ini, peserta didik diarahkan untuk mencapai standar bacaan dan hafalan yang baik sesuai dengan metode Yanbu'a. Hasil capaian penilaian dan evaluasi pembelajaran al-Quran di SD Islam Roushon Fikr mencerminkan beragam tingkat kesuksesan peserta didik dalam mempelajari Al-Quran. Ada perkembangan positif dalam kemampuan siswa dalam hal Hafal Juz 30 dan Lulus Imtihan Niha'i serta Khatam Baca Al-Quran dari tahun ke tahun.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran Al-Quran, Metode Yanbu’a, Program Unggulan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam
Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Burhanuddin Alawi
Date Deposited: 25 Jun 2024 02:58
Last Modified: 25 Jun 2024 02:58
URI: http://repository.undar.ac.id/id/eprint/568

Actions (login required)

View Item
View Item