PENGGUNAAN LAGU DAN MUSIK BERBAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LISTENING SISWA KELAS IX MTS BRAWIJAYA KOTA MOJOKERTO

ELYA, HUSNIATI (2023) PENGGUNAAN LAGU DAN MUSIK BERBAHASA INGGRIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LISTENING SISWA KELAS IX MTS BRAWIJAYA KOTA MOJOKERTO. Masters thesis, UNIVERSITAS DARUL ULUM.

[thumbnail of Abstrac] Text (Abstrac)
S2-2023-21010057-ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (108kB)
[thumbnail of BAB I Pendahuluan] Text (BAB I Pendahuluan)
S2-2023-21010057-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (254kB)
[thumbnail of Bibliographic] Text (Bibliographic)
S2-2023-21010057-DAFTAR PUSTAKA Elya.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (208kB)
[thumbnail of Full Report] Text (Full Report)
S2-2023-21010057-FULLREPORTS_1pdf.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (887kB) | Request a copy

Abstract

Belajar bahasa asing seperti bahasa Inggris tentu juga tidak lepas dengan belajar budaya dari penutur bahasa asing tersebut. Bahasa Inggris yang notabene bahasa orang barat yang dianggap berbeda dari budaya orang timur bagi orang-orang tertentu terkadang dianggap tidak baik bagi dunia Pendidikan Islam. Namun apabila kita kaitkan pembelajaran bahasa Inggris dengan hakekat Pendidikan, maka tidak ada yang harus dipertentangkan antara belajar bahasa dan budaya dari penutur asli bahasa Inggris. Peneliti mencoba mengaitkan antara pembelajaran bahasa Inggris, budaya penutur bahasa Inggris, pendidikan dan al-Qur’an yang merupakan sumber bagi pendidikan Islam, maka dapat disimpulkan bahwa sesungguhnya belajar bahasa itu perlu agar seseorang dapat mempunyai media untuk mencari pengetahuan. Bahasa merupakan media atau alat komunikasi dalam rangka mencari ilmu pengetahuan. Maka tentu belajar bahasa merupakan hal yang penting dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran, kelebihan dan kelemahan beserta hasil dari penggunaan lagu berbahasa Inggris pada kemampuan listening siswa.
Desain penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dalam bentuk studi kasus. Latar penelitian ini adalah MTs.N Brawijaya Kota Mojokerto yang berlokasi di Jl. Sekarputih No. 621 Kedundung Magersari Kota Mojokerto. Subyek penelitian pada penelitian ini adalah guru-guru bahasa Inggris di MTs. Brawijaya Kota Mojokerto yang terdiri dari dua orang guru dengan latar belakang yang berbeda, baik dari segi usia, pendidikan dan pengalaman mengajarnya. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi, dokumen nilai, pedoman wawancara dan dokumentasi.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Inggris dalam rangka meningkatkan ketrampilan mendengar (listening) di MTs. Brawijaya Mojokerto diterapkan dengan metode pembelajaran yang beragam dan menarik. genre lagu tidak cocok dengan keinginan siswa dan kosakata yang didapat terbatas.
Hasil dari penggunaan lagu dalam mata pelajaran Bahasa Inggris pada materi listening menunjukkan bahwa nilai siswa meningkat dibandingkan dengan sebelum menggunakan lagu. Selain itu persepsi siswa juga postitif terhadap penggunaan lagu dalam materi listening.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Lagu dan Musik, Kemampuan Listening.
Subjects: L Education > L Education (General)
Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam
Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam
Depositing User: Elya Husniati
Date Deposited: 04 Apr 2024 23:15
Last Modified: 04 Apr 2024 23:15
URI: http://repository.undar.ac.id/id/eprint/542

Actions (login required)

View Item
View Item