ANALISIS BUTIR SOAL ASESMEN MADRASAH MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS XII MAN KOTA MOJOKERTO TAHUN 2022/2023

ARIE RUSPIHAN, NOOR (2023) ANALISIS BUTIR SOAL ASESMEN MADRASAH MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS XII MAN KOTA MOJOKERTO TAHUN 2022/2023. Masters thesis, UNIVERSITAS DARUL ULUM.

[thumbnail of Abstrac] Text (Abstrac)
S2-2023-21010044-ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (97kB)
[thumbnail of BAB I Pendahuluan] Text (BAB I Pendahuluan)
S2-2023-21010044-BAB I Pendahuluan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (103kB)
[thumbnail of Bibliographic] Text (Bibliographic)
S2-2023-21010044-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (185kB)
[thumbnail of Fullreports] Text (Fullreports)
S2-2023-21010044-Full Report_1.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal asesmen madrasah mata pelajaran bahasa Inggris kelas XII MAN Kota Mojokerto tahun ajaran 2022/2023. Untuk mengetahui kualitas butir soal asesmen Madrasah, analisis dapat dilakukan dengan melihat validitas, reliabilitas, kesulitan butir soal, daya pembeda butir soal, dan keefektifan pengecoh butir soal. Aspek-aspek tersebut dianalisis dengan menggunakan program ITEMAN 4.3 sebagai solusi yang efektif untuk analisis butir soal karena sederhana, efisien, dan teliti.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif berupa analisis dokumen yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan dan mengevaluasi kualitas butir soal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena datanya berupa skor dan angka. Responden penelitian ini diambil dari asesmen madrasah mata pelajaran bahasa Inggris siswa kelas XII MAN Kota Mojokerto tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 40 soal pilihan ganda dari 30 siswa. Untuk memperoleh data, peneliti memerlukan beberapa instrumen, salah satunya adalah dokumentasi, yaitu soal tes, lembar jawaban siswa, dan kunci jawaban.
Berdasarkan hasil uji validitas isi menunjukkan bahwa 35% butir soal mencakup materi kelas sepuluh yang terdiri dari 14 soal. 32,5% butir soal mencakup materi kelas sebelas yang terdiri dari 13 soal dan 32,5% butir soal mencakup materi kelas dua belas yang terdiri dari 13 soal. Pembuat soal belum mengikuti petunjuk untuk membagi butir soal menjadi 20% untuk materi kelas X, 30% materi kelas XI, dan 50% materi kelas XII. Proporsi materi soal juga belum mencakup prosentase keseluruhan materi dalam silabus. Reliabilitas tes adalah 0,83 yang dikategorikan reliabel sehingga dapat konsisten jika akan diujikan kembali. Tingkat kesulitan butir soal adalah 0,55 atau 55% yang dianggap kurang baik. Rata-rata skor diskriminasi item adalah 0,27 dianggap cukup. Sehingga masih banyak item yang perlu direvisi kembali untuk meningkatkan kualitasnya. Pengecoh soal yang tergolong cukup efektif memiliki persentase 68,13%, sehingga masih banyak item yang perlu direvisi dan dihilangkan. Kesimpulannya, kualitas asesmen madrasah mata pelajaran bahasa Inggris kelas XII MAN Kota Mojokerto tahun ajaran 2022/2023 dari segi validitas, reliabilitas, kesulitan item, diskriminasi item, dan pengecoh item mutlak perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: tes, analisi butir soal, validitas, reliabilitas, tingkat kesulitan, daya pembeda, daya pengecoh, Asesmen Madrasah mata pelajaran bahasa Inggris, ITEMAN 4.3.
Subjects: L Education > L Education (General)
Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam
Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam
Depositing User: Arie Ruspihan Noor
Date Deposited: 04 Apr 2024 23:06
Last Modified: 04 Apr 2024 23:06
URI: http://repository.undar.ac.id/id/eprint/533

Actions (login required)

View Item
View Item