SHODIKIN, SHODIKIN (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN GADINGMANGU 2 PERAK JOMBANG. Other thesis, UNIVERSITAS DARUL ULUM.
S1-2023-201904010044-ABSTRACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (153kB)
S1-2023-201904010044-BAB I INTRODUCTION.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (342kB)
S1-2023-201904010044-REFERENCE.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (150kB)
S1-2023-201904010044-FULL REPORT.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Sodikin: Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Gadingmangu 2 Perak Jombang, Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Darul ‘Ulum Jombang, 2023
Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagaimana cara menyajikan materi kepada siswa secara baik sehingga diperoleh hasil yang efektif dan efisien atau hasil yang maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Gadingmangu 2 Perak Jombang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gadingmangu 2 Perak Jombang.yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Sampel yang dipilih sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen, dan IV B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah uji t yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan uji t-test untuk posttest hasil belajar PAI dengan menggunakan media rekaman diperoleh nilai thitung (2,405) > ttabel (2,00172) dan nilai sig. (2-tailed) 0,019 < 0,05. 2) Berdasarkan uji t-test untuk posttest hasil belajar PAI dengan menggunakan media gambar diperoleh nilai thitung (2,062) > ttabel (2,00172) dan nilai sig. (2-tailed) 0,044 < 0,05. 3) Berdasarkan uji t-test untuk posttest hasil belajar PAI dengan menggunakan media powerpoint diperoleh nilai thitung (2,357) > ttabel (2,00172) dan nilai sig. (2-tailed) 0,022 < 0,05.
Dari beberapa hasil uji t-test diatas dapat di simpulkan ada pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDN Gadingmangu 2 Perak Jombang.
Kata kunci: Media Pembelajaran, hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, hasil belajar siswa |
Subjects: | Universitas Darul Ulum > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam Universitas Darul Ulum > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Sodikin Sodikin |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 02:50 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 02:50 |
URI: | http://repository.undar.ac.id/id/eprint/426 |