UMIASIH, UMIASIH (2023) HUBUNGAN CARA BELAJAR SISWA DAN PERAN GURU TERHADAP PEMBELAJARAN SISWA RA PERWANIDA MOJOAGUNG KABUPATEN JOMBANG. Other thesis, Universitas Darul Ulum.
S2-2023-20010069-Abstrac.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (36kB)
S2-2023-20010069-BAB I Pendahuluan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (213kB)
S2-2023-20010069-Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (80kB)
S2-2023-20010069-Fullreport Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Umasih, 20010069. Hubungan Cara Belajar Siswa dan Peran Guru terhadap Pembelajaran Siswa RA Perwanida Mojoagung Kabupaten Jombang. Universitas Darul Ulum Jombang. Pembimbing: (1) Dr. H. Muhtadi, M.H.I., (2) Dr. H. Atim Subekti, M.Pd.I., M.H.I.
ABSTRAK
Cara belajar dan peran guru RA ini sangat penting, karena dalam pembelajaran pada anak usia dini perlu diberikan beberapa metode untuk dapat dipahami dan dimengerti siswa, sehingga dalam kesehariannya siswa dapat mengaplikasikan dengan baik. Pembelajaran pada RA kebanyakan adalah materi mengenai pembentukan sikap dan penananm nilai religious, sehingga dalam pembelajaran RA setiap materi pembelajaran akan berkaitan dengan nilai keagamaan. Oleh sebab itu, guru memiliki peran untuk menciptakan cara belajar yang lebih mudah untuk diterima siswa agar nilai religious siswa dapat tertanam pada karakter mereka dengan baik dan dalam praktiknya juga dapat terlihat dengan baik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian data kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Populasi adalah seluruh siswa RA Perwanida Mojoagung. Sampelnya sebanyak 20 siswa RA Perwanida Mojoagung Kabupaten Jombang.
Hasil penelitian untuk hipotesis ketiga bertujuan untuk mengetahui signifikansi korelasi antara Cara Belajar (X1) dan Peran Guru (X2) secara bersama-sama dengan Pembelajaran Agama (Y). Pengujian hipotesis ini menggunakan ujiF. Nilai Ftabel sebesar 2.60. diperoleh Fhitung yaitu 107,416 yang lebih besar nilainya dibandingkan dengan Ftabel, maka terjadi hubungan antara Cara Belajar dan Peran Guru terhadap Pembelajaran Agama. Nilai signifikansi hasil analisis 0,000 lebih kecil dibandingkan dengan nilai singnifikansi yaitu 0,05. Hal ini berarti telah terjadi hubungan yang signifikan. Hal ini berarti terdapat hubungan positif dan signifikan antara Cara Belajar dan Peran Guru terhadap Pembelajaran Agama Siswa RA Perwanida Mojoagung Kabupaten Jombang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cara Belajar Siswa, Peran Guru, Pembelajaran RA |
Subjects: | L Education > L Education (General) Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Umiasih Umiasih |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 04:18 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 04:18 |
URI: | http://repository.undar.ac.id/id/eprint/333 |