Umi, Kulsum (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI ISLAMI DAN MODUL DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS X MAN 6 JOMBANG. Other thesis, Universitas Darul Ulum.
S2-2023-20010031-Abstract.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (37kB)
S2-2023-20010031-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (151kB)
S2-2023-20010031-BAB I Pendahuluan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (234kB)
S2-2023-20010031-Fullreport Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Umi Kulsum, 20010031. Pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Bahasa Inggris dengan Menggunakan Media Animasi Islami dan Modul ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas X MAN 6 Jombang. Universitas Darul Ulum Jombang. Pembimbing: (1) Dr. H. Abdul Rouf, M.Ag., (2) Dr. H. Atim Subekti, M.Pd.I., M.H.I.
ABSTRAK
Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa internasional, sehinga untuk menunjang kemampuan siswa dalam berpengetahuan terhadap ilmu pengetahuan yang lebih luas diperlukan penguasaan terhadap bahasa inggris. Sehingga model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) melalui animasi islam dan modul menarik untuk diterapkan.
Rumusan masalah sbb: 1. Adakah pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Bahasa Inggris dengan menggunakan Media Animasi Islami terhadap kemampuan awal Siswa Kelas X MAN 6 Jombang? 2. Adakah pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dan Modul terhadap kemampuan awal Siswa Kelas X MAN 6 Jombang. 3. Adakah pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Bahasa Inggris dengan menggunakan Media Animasi Islami dan Modul terhadap kemampuan awal siswa kelas X MAN 6 Jombang
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) Bahasa Inggris dengan menggunakan Media Animasi Islami dan Modul terhadap kemampuan awal siswa kelas X MAN 6 Jombang
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan metode verifikatif dengn melakukan pre-test dan post-test. Sampel penelitian terdiri dari 26 siswa kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan 26 siswa dari X-2 sebagai kelas kontrol. Pengumpuland ata dilakukan dengan cara test. Analisis yang dilakukan adalah dengan analisa dikriptif, analisa uji gain dan analisa interverensial. Dalampenelitianini didapat: 1. Penggunaan metode model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) bahasa inggris dengan menggunakan media animasi islami atau umum sangat efkektif pada kelas ekperimen akan tetapi untuk kelas kontrol pada animsi umum adalah kurang efektif dalam meningkatkan kemampuan awal siswa dalam bahasa inggris di MAN 6 Jombang. 2. Penggunaan metode model pembelajaran CTL (contextual teaching and learning) bahasa inggris dengan menggunakan media modul atau atau non modul pada kelas eksperimen sangat efkektif dan untuk kelas kontrol adalah sedang terhadap meningkatkan kemampuan awal siswa dalam bahasa inggris di MAN 6 Jombang. 3. Terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran CTL (Contekstual Teaching and Learning) dengan media animasi islami dan modul terhadap kemampuan awal siswa di kelas X-1 dan X-2 MAN 6 Jombang secara sendiri sendiri maupun bersama sama.
Kata kunci: Model Pembelajaran CTL, Media Animasi Islami dan Modul, Kemampuan Awal Siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran CTL, Media Animasi Islami dan Modul, Kemampuan Awal Siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Umi Kulsum |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 01:18 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 01:19 |
URI: | http://repository.undar.ac.id/id/eprint/304 |