PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL PETA PIKIRAN DENGAN MEDIA LAGU ISLAMI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 7 JOMBANG

Sukismiati, Sukismiati (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN MODEL PETA PIKIRAN DENGAN MEDIA LAGU ISLAMI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 7 JOMBANG. Other thesis, Universitas Darul Ulum.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
S2-2023-20010024-ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (33kB)
[thumbnail of BAB I Introduction] Text (BAB I Introduction)
S2-2023-20010024-BAB I PENDAHULUAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (196kB)
[thumbnail of Bibliographic] Text (Bibliographic)
S2-2023-20010024-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (136kB)
[thumbnail of Fullreport Tesis] Text (Fullreport Tesis)
S2-2023-20010024-FULLREPORT TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK
Puisi adalah ungkapan hati terdalam dalam bentuk emosional ide yang dibungkus dengan kata yang indah. Sehubungan dengan itu, peneliti tertarik untuk menganalisis keefektifan, cara belajar serta pengaruh Mind Map Model Pembelajaran dengan lagu islami pada siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jombang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan Quasi Experimental Design. Objek penelitian adalah 56 (lima puluh enam) siswa, yang terdiri dari kelas eksperimen di kelas IX-A yang berjumlah 28 orang (dua puluh delapan) siswa, dan kelas kontrol di kelas IX-B berjumlah 28 (dua puluh delapan) siswa. Sedangkan analisis hipotesis menggunakan hipotesis t-paired analisis. Sedangkan setelah dilakukan pengujian hipotesis, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Pikiran Petakan Model Pembelajaran dengan lagu Islami kepada siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jombang, dilaksanakan sesuai kurikulum dan pencapaian keberhasilan tindakan sehingga tercapai nilai kelengkapan dalam belajar bahasa Indonesia. 2) Pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jombang memiliki nilai tertinggi pada perempuan siswa dan siswa laki-laki dengan jumlah yang berbeda 2,0. 3) Ada pengaruh tentang implementasi model mind mapping dengan lagu islami kepada siswa dan secara umum tentang kemampuan menulis puisi pada siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jombang dengan nilai 86,68%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Model Mind Map, Media Lagu Islami, Kemampuan Menulis Puisi
Subjects: L Education > L Education (General)
Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam
Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam
Depositing User: Sukismiati Sukismiati
Date Deposited: 23 Oct 2023 01:15
Last Modified: 23 Oct 2023 01:15
URI: http://repository.undar.ac.id/id/eprint/297

Actions (login required)

View Item
View Item