PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS NILAI-NILAI AL-QUR’AN DALAM KEMAMPUAN PEMAHAMAN OBJEK MATEMATIKA LANGSUNG SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 7 JOMBANG

Tajuwit, Tajuwid (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS NILAI-NILAI AL-QUR’AN DALAM KEMAMPUAN PEMAHAMAN OBJEK MATEMATIKA LANGSUNG SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 7 JOMBANG. Other thesis, Universitas Darul Ulum.

[thumbnail of Abstrac] Text (Abstrac)
S2-2023-20010029-ABSTRAC.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (160kB)
[thumbnail of BAB I Introduction] Text (BAB I Introduction)
S2-2023-20010029-BAB I PENDAHULUAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (134kB)
[thumbnail of Bibliographic] Text (Bibliographic)
S2-2023-20010029-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (152kB)
[thumbnail of Fullreport Tesis] Text (Fullreport Tesis)
S2-2023-20010029-FULLREPORT TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Matematika mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan telah di bakukan dalam dalil-dalil Al-Quran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisa Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Berbasis Nilai-Nilai Al-Qur’anTerhadap Kemampuan Pemahaman Objek Matematika Langsung Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jombang. Penelitian dilakukan dengan model penelitian diskriptif kualitatif dengan penggalian data observasi dan waancara. Dan sebagai obyek penelitian adalah Siswa MTsN 7 Jombang pada kelas VII. dengan random sampling dan dilakkkan pada 12 siswa sebagai perwakilan dari 119 poppulasi. Ditemukan bahwa 1. Pengelolaan Pembelajaran Matematika: yang dilakukan di Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jombang masih sebatas pembelajaran Matematika di sekolah pada umumnya dan penerapan model berbasis nilai-nilai Al-Qur’an belum dilakukan dan hanya sebatas wacana atau rencana. 2. Bahwa profil penguasaan setiap komponen objek matematika siswa kelas VII MTsN 7 Jombang relatif rendah. 3. Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Berbasis Nilai-Nilai Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Pemahaman Objek Matematika Langsung Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Jombang tergolong cukup atau sedang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam
Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pasca Sarjana
Date Deposited: 13 Oct 2023 23:18
Last Modified: 20 Oct 2023 06:26
URI: http://repository.undar.ac.id/id/eprint/143

Actions (login required)

View Item
View Item