Hady Suprayitno, Hady (2025) Pengaruh Kompetensi, Motivasi, dan Interaksi Terhadap Kualitas Pelayanan Dapodik di Kabupaten Jombang. Other thesis, Universitas Darul Ulum.
![[thumbnail of Abstrac]](http://repository.undar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
S1-2025-212361201084-Abstrac.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (221kB)
![[thumbnail of Bab I Introduction]](http://repository.undar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
S1-2025-212361201084-Bab I Introduction.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (193kB)
![[thumbnail of Bibliography]](http://repository.undar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
S1-2025-212361201084-Reference.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (206kB)
![[thumbnail of Full Tesis]](http://repository.undar.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
S1-2025-212361201084-Full Report.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kompetensi, motivasi, dan interaksi petugas Dapodik terhadap kualitas pelayanan Dapodik di Kabupaten Jombang, baik secara parsial maupun simultan. Dapodik merupakan sistem pendataan pendidikan nasional yang krusial untuk perencanaan dan evaluasi program pendidikan. Observasi awal menunjukkan adanya tantangan pada kompetensi, motivasi, dan interaksi petugas Dapodik di Kabupaten Jombang, yang berpotensi memengaruhi akurasi dan kelengkapan data.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumen utama pada sampel 102 responden operator Dapodik di Kabupaten Jombang. Data dianalisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik (normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, autokorelasi), serta analisis regresi linear berganda (uji T dan uji F).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, kompetensi, motivasi, dan interaksi masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan Dapodik. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung yang lebih besar dari ttabel dan nilai signifikansi <0,05 untuk ketiga variabel. Lebih lanjut, secara simultan, kompetensi, motivasi, dan interaksi juga terbukti berpengaruh signifikan terhadap kualitas pelayanan Dapodik dengan nilai signifikansi uji F sebesar 0,000(<0,05).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kualitas pelayanan Dapodik sangat dipengaruhi oleh sinergi antara petugas yang kompeten, termotivasi, dan mampu berinteraksi secara efektif. Oleh karena itu, disarankan agar Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang fokus pada peningkatan kompetensi melalui pelatihan berkelanjutan, memperkuat motivasi petugas melalui pengakuan dan insentif, serta meningkatkan interaksi dan kolaborasi antar pihak terkait untuk menjamin akurasi data dan efektivitas program pendidikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dapodik, Kualitas Pelayanan, Kompetensi, Motivasi, Interaksi |
Subjects: | Universitas Darul Ulum > Fakultas Ekonomi > Manajemen Universitas Darul Ulum > Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | hady suprayitno 1 |
Date Deposited: | 07 Sep 2025 04:15 |
Last Modified: | 07 Sep 2025 04:15 |
URI: | http://repository.undar.ac.id/id/eprint/1370 |