PENGARUH SIKAP DISIPLIN BELAJAR DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS KELAS IX DI MTsN 12 JOMBANG

Ainun, Jariyah (2023) PENGARUH SIKAP DISIPLIN BELAJAR DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS KELAS IX DI MTsN 12 JOMBANG. Other thesis, Universitas Darul Ulum.

[thumbnail of Abstrac] Text (Abstrac)
S2-2023-19010007-Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (251kB)
[thumbnail of Bab I Introduction] Text (Bab I Introduction)
S2-2023-19010007-BAB I Pendahuluan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (669kB)
[thumbnail of Bibliography] Text (Bibliography)
S2-2023-19010007-Daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (267kB)
[thumbnail of Fullreport Tesis] Text (Fullreport Tesis)
S2-2023-19010007-Fullreport Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Ainun Jariyah, 2022.Pengaruh Sikap Disiplin Belajar dan Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas IX di MTsN 12 Jombang. Universitas Darul Ulum Jombang. Pembimbing: (1) Dr. Hj. Adibah, M.Pd.I., (2) Dr. H. Atim Subekti, M.Pd.I., M.H.I.
ABSTRAK
Belajar adalah salah satu bentuk kewajiban dari seorang siswa untuk menjadi seorang yang berilmu. Proses belajar ini dapat dilakukan siswa dengan rutin atau hanya terkadang saja karena adanya rasa malas dalam diri mereka. Hal ini menyebabkan mereka akan sulit menjadi siswa yang berprestasi. Semangat disiplin belajar harus ditingkatkan untuk meningkatnya prestasi siswa. Salah satu caranya adalah dengan menjadikan kompetensi guru sebagai dorongan untuk meningkatkan diplin belajar siswa. Pada kompetensi guru ini diharapkan memberikan pembelajaran dengan penyampaian yang menarik, sehingga siswa tidak akan malas dan bosen dalam belajar. Jika disiplin belajar siswa dan kompetensi guru sudah terpenuhi, maka diharapkan prestasi siswa dapat terjadi.
Metode dan jenis penelitian ini menggunakan kuantitati. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa MTsN 12 Jombang Jombang. Sampel yang digunakan sebesar 132 siswa yaitu siswa kelas IX MTsN 12 Jombang.
Berdasarkan dari penelitian ini didapatkan hasil adanya pengaruh Sikap disiplin belajar terhadap Prestasi belajar di MTsN 12 Jombang. Hal tersebut dapat dibuktikan berdasarkan hasil uji parsial (uji t) menggunakan SPSS menunjukkan bahwa nilai thitung 4,343 > ttabel 2,002 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak atau Ha diterima. Ada pengaruh Kompetensi Guru terhadap Prestasi belajar di MTsN 12 Jombang. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji parsial (uji t.) menggunakan SPSS yang menyatakan bahwa nilai thitung 4,343 > ttabel 2,002 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak atau Ha diterima. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi, besarnya nilai Adjusted R Square adalah 0,536, hal ini menjelaskan bahwa pengaruh Sikap disiplin belajar dan kompetensi Guru dengan prestasi IPS siswa di MTsN 12 Jombang adalah sebesar 53,6% sedangkan sisanya yaitu 46,4% dipengaruhi oleh variabel yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Kompetensi Guru dan Prestasi Belajar Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam
Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pasca Sarjana
Date Deposited: 08 Oct 2023 00:40
Last Modified: 20 Oct 2023 06:05
URI: http://repository.undar.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

View Item
View Item