Kristianah, Nunuk (2024) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MELALUI MEDIA CANVA FOR EDUCATION SISWA KELAS VI MI BUSTANUL ULUM BADAS TAHUN 2023/2024. Other thesis, Universitas Darul 'Ulum.
S1 2024 202004010008 ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (318kB)
S1 2024 202004010008 BAB I.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (606kB)
S1 2024 202004010008 REFERENSI.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (357kB)
S1 2024 202004010008 Full Report.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan menuntut adanya keterkaitan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata. Guru dituntut mampu menerapkan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang harus dikuasai serta mampu menumbuhkan kreativitas siswa. Salah satunya menggunakan media pembelajaran yang tepat. Penelitian berupaya mendapatkan gambaran yang jelas tentang penggunaan media Canva For Education dalam pembelajaran SKI di kelas VI MI Bustanul Ulum Badas.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran SKI menggunakan media Canva For Education di MI Bustanul Ulum Badas dan apakah terdapat peningkatan prestasi belajar pada mata pelajaran SKI dengan menggunakan media Canva For Education di kelas VI MI Bustanul Ulum Badas
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, teknik Penelitian Tindakan kelas dengan Penyusunan perencanaan. Pelaksanaan tindakan, Observasi, Refleksi dan menerapkan media Canva For Education dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan prestasi peserta didik.
Hasil penelitian ini yaitu Media Canva For Education memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (55,00%), siklus II (70,00%), siklus III (90,00%). Media Canva For Education mempermudah siswa dalam memahami pembelajaran. Terbukti dengan peningkatan di bidang kerja sama teman sebangku yaitu (22,1%), mendengarkan/ memperhatikan penjelasan guru (20,8%), dan diskusi antara siswa dengan guru (15,0%).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | learning achievement, Canva media for Education |
Subjects: | Universitas Darul Ulum > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam Universitas Darul Ulum > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | nunuk kristianah |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 05:30 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 05:30 |
URI: | http://repository.undar.ac.id/id/eprint/791 |