PARTAI POLITIK

Kusnadi, Kuswanto (2017) PARTAI POLITIK. Partai Politik . Wade Group Ponorogo, Ponorogo. ISBN 978-602-5498-09-1 (In Press)

[img] Text (buku)
4. KUSWANTO-PAPER-BUKU.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (PEER REVIEW)
KUSWANT PEER- PARTAI POLITIK.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (225kB)
[img] Text (CEK PLAGIARISM)
KUS-CEK-BUKU PARTAI POLITIK-halaman-1,84-89.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (47kB)

Abstract

Buku ini bertujuan hendak membahas isu mengenai aspek eksistensial dari partai politik dengan menggunakan sudut pandang atau perspektif hukum, dalam hal ini Hukum Konstitusi atau Constitutional Law. Salah satu aspek dari Hukum Konstitusi yang akan digunakan sebagai rujukan untuk kerangka analitis (analytical framework) dalam mendiskusikan eksistensi partai politik tersebut adalah asas atau prinsip konstitusional (constitutional principles) yang relevan, yaitu hak asasi manusia (HAM) dan demokrasi. Dengan pengertian lain, secara konseptual, isu tentang eksistensi partai politik tersebut hendak dijustifikasi dengan berdasarkan pada asas konstitusional tersebut, yaitu asas HAM dan asas demokrasi.

Buku ini akan lebih menyoroti ide atau gagasan yang abstrak dari pemikiran konstitusional tentang partai politik, khususnya justifikasi eksistensinya berdasarkan asas HAM dan asas demokrasi tersebut. Dengan fokus pembahasan tersebut maka dengan sendirinya penulisan buku ini sengaja membatasi diri untuk tidak membicarakan hal-hal yang bersifat kenyataan dari partai politik. Karena sudah ditentukan sebelumnya bahwa dasar justifikasi tersebut adalah asas HAM dan asas demokrasi, maka kesimpulannya pasti afirmatif bahwa eksistensi partai politik tersebut dapat dijustifikasi oleh asas HAM (hak atas kebebasan berserikat) dan asas demokrasi.

Item Type: Book
Subjects: University Structure > Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
University Structure > Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: undar undar undar
Date Deposited: 19 Jun 2020 01:39
Last Modified: 27 Oct 2020 07:27
URI: http://repository.undar.ac.id/id/eprint/7

Actions (login required)

View Item View Item