HILMIYYAH CINDRA, DEWI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR DAN MEMAHAMI MATA PELAJARAN IPA (STUDI KASUS MTSN 7 JOMBANG). Masters thesis, UNIVERSITAS DARUL ULUM.
S2-2022-19010033-ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (52kB)
S2-2022-19010033-BAB I PENDAHULUAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (226kB)
S2-2022-19010033-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (92kB)
S2-2022-19010033-FULLREPORTS_ok.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis praktikum untuk meningkatkan kemampuan belajar dan memahami mata pelajaran IPA.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian expost-facto. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena seluruh siswa kelas VIII di MTs N 7 Jombang diambil datanya. Teknik pengambilan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi Spearman Rank.
Dari hasil analisis korelasi Spearman Rank diketahui nilai correlation coefficient adalah 0,213 dengan nilai signifikansi sebesar 0,013< 0,05, artinya ada pengaruh positif Pembelajaran Berbasis Praktikum terhadap Kemampuan Belajar dan Memahami Mata Pelajaran IPA di MTs Negeri 7 Jombang Kelas VIII.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Belajar, Memahami Mata Pelajaran IPA, Pembelajaran Berbasis Praktikum. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Hilmiyah Cindra Dewi |
Date Deposited: | 04 Apr 2024 23:19 |
Last Modified: | 04 Apr 2024 23:19 |
URI: | http://repository.undar.ac.id/id/eprint/553 |