PENGARUH KEMAMPUAN VISUAL DAN PERALATAN MADRASAH (FASILITAS) TERHADAP MINAT BACA KELAS VII MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS NEGERI 8 JOMBANG

SAIKHUDDIONO, SAIKHUDDIONO (2022) PENGARUH KEMAMPUAN VISUAL DAN PERALATAN MADRASAH (FASILITAS) TERHADAP MINAT BACA KELAS VII MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MTS NEGERI 8 JOMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS DARUL ULUM.

[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
S2-2022-19010026-ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (34kB)
[thumbnail of BAB I Introduction] Text (BAB I Introduction)
S2-2022-19010026-BAB I PENDAHULUAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (188kB)
[thumbnail of Bibliographic] Text (Bibliographic)
S2-2022-19010026-DAFTAR PUSTAKA_b.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (36kB)
[thumbnail of Full Report] Text (Full Report)
S2-2022-19010026-FULLREPORTS_oke.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (860kB) | Request a copy

Abstract

Pada zaman yang sangat modern ini untuk meningkatkan minat baca siswa sudah bisa dengan berbagai macam metode atau pendekatan yang memanfaatkan teknologi. Mata pelajaran Bahasa Arab termasuk mata pelajaran yang sulit menurut kebanyakan siswa. Hal ini menyebabkan siswa kurang tertarik untuk mempelajarinya yang akhirnya minat baca pada mata pelajaran ini juga sangat rendah. Siswa sekarang biasanya lebih tertarik apabila metode pembelajarannya diberikan gambaran dan praktik, sehingga mereka lebih dapat memahami suatu pelajaran. Oleh karena itu, peneliti bermaksud meneliti tentang kemampuan visual dan peralatan madrasah (fasilitas) untuk mempengaruhi minat baca siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data melalui angket, observasi dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampling adalah simple random sampling. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa Kelas VII MTsN 8 Jombang. Sampel yang diambil sebesar 74 siswa kelas VII MTsN 8 Jombang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa (86,7%) mempunyai kemampuan visual baik dengan peralatan madrasah yang memadai. Terdapat pengaruh kemampuan visual dan peralatan di madrasah (fasilitas) dengan minat baca siswa kelas VII di MTsN 8 Jombang. Persentase kontribusi kemampuan visual dan peralatan yang ada di madrasah (fasilitas) terhadap minat baca siswa kelas VII di MTs Negeri 8 Jombang yaitu sebesar 54,08%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Visual, Peralatan Madrasah (Fasilitas), Minat Baca Mata Pelajaran Bahasa Arab.
Subjects: L Education > L Education (General)
Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam
Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam
Depositing User: saikhuddiono saikhuddiono
Date Deposited: 04 Apr 2024 22:59
Last Modified: 04 Apr 2024 22:59
URI: http://repository.undar.ac.id/id/eprint/551

Actions (login required)

View Item
View Item