KHOLIDAH, ULFAH (2022) HUBUNGAN MAKNA TEKS INSTRUKSI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS 2 MIN 4 JOMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS DARUL ULUM.
S2-2022-19010016-ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (36kB)
S2-2022-19010016 -BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (261kB)
S2-2022-19010016-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (111kB)
S2-2022-19010016-FULLREPORTS_ok.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Siswa kelas 2 dijenjang tingkat sekolah dasar adalah masa peralihan dari sifatnya yang masih kelas 1. Hal ini bisa ditunjukkan dengan semakin berkembangnya kemampuan siswa baik dalam hal keterampilan atau pengetahuan masa sepeerti ini harus senantiasa dibimbing untuk diarahkan ke aktivitas yang positif terlebih kepada kefokusan dalam memahami setiap pelajaran yang diberikan di kelas.
Mata pelajaran Bahasa Inggris adalah pelajaran yang sulit bagi siswa kelas 2 MIN 4 Jombang. Sebagian dari mereka telah dapat memahami pembelajaran Bahasa Inggris dengan baik. Akan tetapi masih ada juga siswa yang belum bisa memhami pembelajaran Bahasa Inggris dengan mudah. Oleh karena itu, peneliti mengambil variabel kemampuan kognitif dengan hasil belajar untuk mengetahui apakah ada hubungan antar variabel tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian data kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 8 Jombang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 35 siswa kelas VII MTsN 8 Jombang.
Penelitian ini menunjukkan tentang hubungan (kolerasi) antara variabel bebas makna teks instruksi dengan variabel terikat yaitu kemampuan kognitif ditunjukan oleh besarnya Multiple R yaitu 0,885. Maka disimpulkan bahwa makna teks instruksi mempunyai hubungan yang kuat dengan kemampuan kognitif siswa kelas 2 MIN 4 Jombang. Koefisien determinan atau R square sebesar 0,783 artinya besarnya pengaruh variabel Makna Teks Instruksi terhadap Kemampuan Kognitif siswa 78,3%. Sedangkan yang 21,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian.
Hubungan (kolerasi) antara variabel bebas makna teks instruksi dengan variabel terikat yaitu hasil belajar, ditunjukan oleh besarnya Multiple R yaitu 0,418. Maka disimpulkan bahwa makna teks instruksi mempunyai hubungan yang cukup kuat dengan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas 2 MIN 4 Jombang. Koefisien determinan atau R square sebesar 0,174 artinya besarnya pengaruh variabel Makna Teks Instruksi terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa 17,4%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Makna Teks Instruksi, Kemampuan Kognitif, Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Kholidah Ulfah |
Date Deposited: | 04 Apr 2024 23:22 |
Last Modified: | 04 Apr 2024 23:22 |
URI: | http://repository.undar.ac.id/id/eprint/547 |