ISAH, IQLIMASITA (2022) HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN AFEKTIF SISWA PADA KELAS VII TENTANG FENOMENA ALAM DALAM KEHIDUPAN MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 7 JOMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS DARUL ULUM.
S2-2022-19010014 -ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (171kB)
S2-2022-19010014-BAB I PENDAHULUAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (376kB)
S2-2022-19010014 -DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (89kB)
S2-2022-19010014-FULLREPORTS_ok.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pada usia memasuki remaja yakni siswa MTsN 7 Jombang akan mencari jati diri mereka masing-masing. Pada pembelajaran, mereka juga akan semakin susah untuk di kontrol karena mereka telah memiliki keinginan dan ego yang tinggi. Hal ini memiliki dampak positif dan negatif. Dampak positif mereka akan lebih mudah mengenal diri mereka, sehingga mereka dapat memiliki tujuan yang jelas untuk meraih cita-cita yang mereka inginkan. Dampak negatif apabila tidak diarahkan ke hal positif, maka mereka akan bertingkah semaunya tanpa memperdulikan pembelajaran yang sedang berlangsung.
Mata pelajaran Al-Qur’an Hadits adalah pelajaran keagamaan yang dapat menjadi penanaman dalam hati siswa untuk memiliki perilaku yang sesuai ajaran islam. Terkadang sebagian siswa akan merasa bosan dengan pelajaran ini, untuk dibutukan suasana yang dapat membangkitkan kemampuan kognitif dan afektif siswa untuk mewujudkan meningkatnya prestasi siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian data kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 7 Jombang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 35 siswa kelas VII MTsN 7 Jombang.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan Kemampuan kognitif dan kemampuan afektif secara bersama-sama memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar Al Qur’an Hadits siswa kelas VII MTs Negeri 7 Jombang Bab Fenomena Alam Dalam Kehidupan Sehari - hari, dengan persamaan garis regresinya yaitu Y* = 25,183 + 0,502X1 + 0,152X2.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Kognitif, Afektif, Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Isah Iqlimasita |
Date Deposited: | 04 Apr 2024 23:20 |
Last Modified: | 04 Apr 2024 23:20 |
URI: | http://repository.undar.ac.id/id/eprint/546 |