PENGARUH PERILAKU DAN PENGENDALIAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP HAFALAN ASMA’UL HUSNA AR ROHMAN PADA KELAS VII MADRASAH RAMAH ANAK MTSN 6 JOMBANG

CHOIRUL, AFANDI (2022) PENGARUH PERILAKU DAN PENGENDALIAN EMOSIONAL SISWA TERHADAP HAFALAN ASMA’UL HUSNA AR ROHMAN PADA KELAS VII MADRASAH RAMAH ANAK MTSN 6 JOMBANG. Masters thesis, UNIVERSITAS DARUL ULUM.

[thumbnail of Abstrac] Text (Abstrac)
S2-2022-19010008-ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (139kB)
[thumbnail of BAB I Pendahuluan] Text (BAB I Pendahuluan)
S2-2022-19010008-BAB I.PENDAHULUANdocx.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (280kB)
[thumbnail of Bibliographic] Text (Bibliographic)
S2-2022-19010008-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (152kB)
[thumbnail of Full Report] Text (Full Report)
S2-2022-19010008-FULLREPORT_ok.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Siswa yang beranjak remaja akan sulit untuk mengendalikan emosi sehingga dalam menerima pelajaran yang diberikan guru juga akan sulit diterima. Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 ini juga memberikan edukasi mengenai moral dan perilaku. Upaya yang dibangun adalah menerapkan program keagamaan di sekolah, sehingga anak-anak juga akan menanmkan karakter yang karimah.
Program keagamaan yang dibentuk salah satunya program tahfidz yaitu hafalan surah dalam al-qur’an. Pada program ini dibentuk berkelas, sesuai tingkat mereka dalam menghafalkannya. Salah satu surah yang dihafalkan adalah surah Ar Rohman. Program ini tidak hanya dihafalkan tapi juga dijelaskan mengnai makna arti dari surah tersebut. Hal ini akan tertanam dalam diri siswa, sehingga siswa dapat memiliki perilaku baik dan dapat mengendalikan emosi siswa..
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian data kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Populasi adalah seluruh siswa MTsN 6 Jombang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 121 dari siswa kelas VII MTsN 6 Jombang.
Penelitian ini menunjukkan Terdapat pengaruh positif pengendalian emosional siswa dengan hafalan asmaul husna. Hasil ini ditunjukan dari nilai koefisien spearman sebesar (+) 0,483 dengan Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. Nilai koefisien korelasi dapat diinterpretasikan mempunyai keeratan pengaruh yang sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Siswa, Pengendalian Emosi Siswa, dan Hafalan Asmaul Husna Ar Rahman.
Subjects: L Education > L Education (General)
Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam
Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam
Depositing User: Choirul Afandi
Date Deposited: 04 Apr 2024 23:18
Last Modified: 04 Apr 2024 23:18
URI: http://repository.undar.ac.id/id/eprint/545

Actions (login required)

View Item
View Item