PENGARUH KELUARGA SEBAGAI MOTIVATOR TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH TAHUN 2022/2023 (STUDI KASUS MAN KOTA MOJOKERTO

DWI IMANORA, INAYATI (2023) PENGARUH KELUARGA SEBAGAI MOTIVATOR TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH TAHUN 2022/2023 (STUDI KASUS MAN KOTA MOJOKERTO. Masters thesis, UNIVERSITAS DARUL ULUM.

[thumbnail of Abstrac] Text (Abstrac)
S2-2023-21010050-ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (91kB)
[thumbnail of BAB I Pendahuluan] Text (BAB I Pendahuluan)
S2-2023-21010050-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (136kB)
[thumbnail of Bibliographic] Text (Bibliographic)
S2-2023-21010050-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (97kB)
[thumbnail of Fullreport] Text (Fullreport)
S2-2023-21010050-FULL REPORT_1.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (826kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang keluarga yang beragam, latar belakang keluarga kaya atau miskin, berpendidikan atau tidak, berasal dari pondok pesantren atau tidak, dll. Perbedaan latar belakang keluarga tersebut tentu mempengaruhi perolehan motivasi atau dukungan dari para anggota keluarga terutama orang tua kepada masing-masing siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut permasalahan tersebut, maka penulis akan melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Keluarga sebagai Motivator dalam Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi Kasus MAN Kota Mojokerto)”.
Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa Keluarga sebagai motivator memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar Fikih pada siswa MAN Kota Mojokerto. Temuan ini didasarkan pada pengujian hipotesis menggunakan rumus Chi Kuadrat, di mana nilai xhitung sebesar 20.8449 lebih tinggi dari nilai xtabel signifikan 5% yang sebesar 16.919. Oleh karena itu, dalam penelitian ini, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Pengaruh keluarga sebagai motivator terbukti memiliki tingkat pengaruh yang sangat kuat, dengan kontribusi atau pengaruh sebesar 74,99% terhadap peningkatan prestasi belajar Fikih pada siswa MAN Kota Mojokerto, seperti yang diindikasikan oleh perhitungan koefisien determinasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keluarga sebagai Motivator, Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fiqih.
Subjects: L Education > L Education (General)
Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam
Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam
Depositing User: Dwi Ima Nora Inayati
Date Deposited: 04 Apr 2024 23:11
Last Modified: 04 Apr 2024 23:11
URI: http://repository.undar.ac.id/id/eprint/536

Actions (login required)

View Item
View Item