SITI NURUL, QONAAH (2023) PERAN MUSHOLA SEBAGAI PUSAT KEGIATAN KEISLAMAN DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTsN 15 JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Masters thesis, UNIVERSITAS DARUL ULUM.
S2-2023-21010036-ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (88kB)
S2-2023-21010036-BAB I PENDAHULUAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (338kB)
S2-2023-21010036-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (157kB)
S2-2023-21010036-FULLREPORTS_1.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (766kB) | Request a copy
Abstract
Mushola merupakan tempat yang multi fungsi bagi ummat Islam. Dewasa ini mushola hanya digunakan khusus untuk ibadah mahdhoh saja. Maka dari itu peran Mushola sebagai pusat kajian keislaman perlu dilakukan. Dekadensi moral dewasa ini telah menjangkit keseluruh kalangan peserta didik. Tidakan seperti pornografi, kekerasan, perkelahian, perusakan lingkungan banyak telah dilakukan. Dalam pandangan agama hakikatnya kemunduran moral yang terjadi menjadi indikasi makin jauhnya manusia dari nilai-nilai syariat Islam. Salah satu alternatif untuk mendapatkan pengalaman syariat Islam sekaligus untuk menekan tindakan amoral yang terjadi yaitu Mushola. Salah satu Mushola yang menghidupkan kembali esensi peran dan fungsinya sebagaimana semestinya sekaligus menjadi jembatan peserta didik dilingkungan Madrasah dalam menanamkan nilai-nilai akhlak kepada peserta didik adalah Mushola Al-Asy’Ary di MTsN 15 Jombang.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif-kualitatif. Pihak yang menjadi subyek penelitian adalah Takmir, Guru, dan peserta didik MTsN 15 Jombang, sedangkan obyek dalam penelitian ini adalah peran Mushola sebagai pusat pendidikan akhlak di Mushola Al-Asy’Ary MTsN 15 Jombang. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan dalam menganalisis data digunakan pendekatan analisis Miles and Huberman yang meliputi pereduksian data, penyajian data hingga verifikasi dan penyimpulan data.
Hasil penelitian adalah; Pertama, Mushola Al-Asy’Ary MTsN 15 Jombang, sudah melakukan eksistensinya sebagai pusat kajian keislaman, dalam berbagai macam kegiatan keislaman, seperti kegiatan ibadah, kajian ceramah keagamaan, kajian kitab, taman pendidikan Al-Qur’an, peringatan hari besar Islam; Kedua problem masjid, problem pengurusan dan problem jamaah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Eksistensi Mushola, sebagai pusat kajian keislaman, Akhlaq. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Siti Nurul Qonaah |
Date Deposited: | 04 Apr 2024 23:04 |
Last Modified: | 04 Apr 2024 23:04 |
URI: | http://repository.undar.ac.id/id/eprint/531 |