UPAYA PENANAMAN AJARAN ISLAM MODERAT TERHADAP SANTRI DI PONDOK PESANTREN QOMARUL HIDAYAH TRENGGALEK

Habib, Syaiful (2023) UPAYA PENANAMAN AJARAN ISLAM MODERAT TERHADAP SANTRI DI PONDOK PESANTREN QOMARUL HIDAYAH TRENGGALEK. Other thesis, Universitas Darul Ulum.

[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
S2 21010020 Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (205kB)
[thumbnail of Bab I Introduction] Text (Bab I Introduction)
S2 21010020 Bab I Introduction.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (568kB)
[thumbnail of Bibliography] Text (Bibliography)
S2 21010020 Bibliography.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (406kB)
[thumbnail of Full Tesis] Text (Full Tesis)
S2 21010020 Full Tesis.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan upaya menanamkan islam moderrat di Pondok Pesantren Qomarul Hidayah, (2) Untuk mendeskripsikan kiat kiat menjaga nilai nilai islam moderat yang telah terbentuk dikalangan santri pondok pesantren Qomarul Hidayah, (3) Mendeskripsikan perilaku ajaran islam Moderat santri Pondok Pesantren Qomarul Hidayah Trenggalek.
Penelitian ini menggunalan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi sebagai alat pengumpul data. Sehingga memperoleh data yang kemudian dapat diolah, dianalisis dan memperoleh suatu kesimpulan. Dan menggunakan Triangulasi Sumber untuk menguji keabsahan data.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat penulis simpulkan sebagai berikut; (1) Penanaman faham Islam Moderat di Pesantren Qomarul Hidayah tertuang pada nilai-nilai sebagai berikut; 1) Tawassut (jalan tengah) 2) Tawazun (seimbang) 3) I’tidal (adil), 4) Tasamuh (Toleransi), 5) Syura (Musyawarah), 6) Tatawur wa Ibtikar (Dinamis dan Inovatif), 7) Tahaddur (Berkeadaban), 8) Wataniyah wa muwat anah (kebangsaan dan kewarganegaraan), 9) Qudwatiyah (keteladanan atau kepeloporan). (2) Salah satu bentuk upaya menjaga nilai-nilai Islam moderat yang sudah diterapkan selama setahun penuh di Pondok Pesantren Qomarul Hidayah adalah melalui program lanjutan studi agama Islam diSTIT Sunan Giri, Ngaji Selapanan yang membacakan kitab Hikam & Usfuriyah, Diklat dalam pondok, dan Hidden Curriculum. (3) Perilaku Santri di Pondok Pesantren Qomarul Hidayah Trenggalek Tentang Ajaran Islam Moderat melalui lembaga pendidikan formal maupun non formal para santri mampu mempraktekkan ajaran Islam moderat terutama ketika belajar disekolah dan madrasah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren, Karakter, Islam Moderat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam
Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Burhanuddin Alawi
Date Deposited: 10 Dec 2023 05:38
Last Modified: 10 Dec 2023 05:38
URI: http://repository.undar.ac.id/id/eprint/487

Actions (login required)

View Item
View Item