MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM PEMBELAJARAN AL-QURAN DAN PENERAPAN METODE ADZ-DZIKR DI PONDOK PESANTREN ISMUL HAQ MOJOKERTO

Rosid Febriyono, Febri (2023) MODEL PENGEMBANGAN KURIKULUM PEMBELAJARAN AL-QURAN DAN PENERAPAN METODE ADZ-DZIKR DI PONDOK PESANTREN ISMUL HAQ MOJOKERTO. Other thesis, UNIVERSITAS DARUL ULUM.

[thumbnail of Bab I Introduction] Text (Bab I Introduction)
S1-2023-201804010042-Bab I Introduction.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (184kB)
[thumbnail of Reference] Text (Reference)
S1-2023-201804010042-Reference.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (152kB)
[thumbnail of Abstrac] Text (Abstrac)
S1-2023-201804010042-Abstrac.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (455kB)
[thumbnail of Full Report] Text (Full Report)
S1-2023-201804010042-Full Report.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (552kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisa model pengembangan kurikulum pembelajaran Al-Qur’an metode adz-dzikr di Pondok Pesantren Ismul Haq. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana model pengembangan kurikulum pembelajaran Al- Qur’an di Pondok Pesantren Ismul Haq, bagaimana implementasi pembelajaran Al-Qur’an metode Adz-Dzikr di Pondok Pesantren Ismul Haq, dan apa faktor pendukung, penghambat model pengembangan kurikulum pembelajaran Al-Qur’an metode Adz-Dzikr. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Adapun hasil dari penelitian adalah metode Adz-Dzikr merupakan metode yang baru akan tetapi dengan metode ini dapat mengahasilkan para santri yang mulanya masih belajar membaca Al-Qur’an mulai dasar, sampai akhirnya bisa membaca dengan baik dan benar dalam makhraj dan tajwid. Adapun model pengembangan kurikulum di Pondok Pesantren adalah model pengembangan kurikulum Beauchapm, dimana memilih lokasi terlebih dahulu, menetapkan personalia pengembangan kurikulum, menetapkan prosedur pengembangan kurikulum, implementasi kurikulum, evaluasi kurikulum.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model, Pengembangan Kurikulum, Metode Adz-Dzikir
Subjects: Universitas Darul Ulum > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Darul Ulum > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Depositing User: Rosid Febriyono
Date Deposited: 26 Oct 2023 04:48
Last Modified: 26 Oct 2023 04:48
URI: http://repository.undar.ac.id/id/eprint/431

Actions (login required)

View Item
View Item