ERNA, SULISTYOWATI (2023) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL MENULIS ESAI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PBP) DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN BERKARAKTER SISWA (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XII MAN 7 JOMBANG. Other thesis, Universitas Darul Ulum.
S2-2023-20010036-Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (35kB)
S2-2023-2001036-BAB I PENDAHULUAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (283kB)
S2-2023-20010036-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (162kB)
S2-2023-20010036-Fullreport Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Erna Sulistyowati, 20010036. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Menulis Esai melalui Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dalam Membangun Pendidikan Berkarakter Siswa (Studi Kasus pada Siswa Kelas XII MAN 7 Jombang). Universitas Darul Ulum Jombang. Pembimbing: (1) Dr. H. Muhammad Farid, M.Si., (2) Dr. H. Abdul Rouf, M.Ag.
ABSTRAK
Pembelajaran berbasis kearifan lokal adalah pembelajaran yang mengajarkan peserta didik untuk selalu dekat dengan situasi konkret yang mereka hadapi yang dalam keberlanjutannya dilaksanakan dengen model Project-Based Learning (PjBL). Dengan harapan membentuk karakter siswa yang baik.
Tujuan daripenelitian ini adalahUntuk menganalisa pengaruh Impelemeasi Pengembangan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Menulis Esai Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) terhadap Pendidikan Berkarakter Siswa pada Kelas XII MAN 7 Jombang.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Dengan populasi seluruh Siswa Kelas XII BAHASA MAN 7 Jombang. Dan sampel kelas XII Bahasa yang berjumlah 31 siswa. Sumber Data adalah primer dan sekunder, Variabel, dan Skala Pengukurannya adalah (1) Variabel Independen (Variabel Bebas) yaitu Impelemeasi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Menulis Esai (X), Variabel Dependen (Variabel Terikat) adalah Membangun Pendidikan Berkarakter Siswa (Y) dan Variabel intervening (Z) adalah Pembelajaran Berbasis Proyek (Z)
Teknik Pengumpulan Data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes serta angket denghan Instrumen Penelitian Uji analisis regresi variabel intervening dan untuk Untuk menguji pengaruh variabel intervening digunakan metode analisis jalur (Path Analysis).
Disimpulkan bahwa (1) pengaruh impelementasi Pengembangan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Menulis Esai secara langsung terhadap Pendidikan Berkarakter Siswa pada Kelas XII MAN 7 Jombang dengan nilai signifikan yang sangat tinggi, (2) Ada pengaruh impelementasi Pengembangan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Menulis Esai secara tidak langsung melalui Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Pendidikan Berkarakter Siswa pada Kelas XII MAN 7 Jombang yang sangat tinggi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kearifan Lokal, Esai, Pembelajaran Berbasis Proyek Pendidikan Berkarakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Erna Sulistyowati |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 04:16 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 04:16 |
URI: | http://repository.undar.ac.id/id/eprint/330 |