PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI (STUDI KASUS PADA KELAS XI MAN 6 JOMBANG)

Titin, Retnosari (2022) PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI (STUDI KASUS PADA KELAS XI MAN 6 JOMBANG). Other thesis, Universitas Darul Ulum.

[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
S2-2022-19010029-ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (34kB)
[thumbnail of Bab I Introduction] Text (Bab I Introduction)
S2-2022-19010029-BAB 1 pendahuluan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (324kB)
[thumbnail of Bibliographic] Text (Bibliographic)
S2-2022-19010029-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (90kB)
[thumbnail of Fullreport Tesis] Text (Fullreport Tesis)
S2-2022-19010029-FULLREPORT TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran geografi, pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran geografi, dan pengaruh pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dan minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran geografi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian expost-facto. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena seluruh siswa kelas X di MAN 6 Jombang diambil datanya. Teknik pengambilan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis Pearson Product Moment.
Hasil penelitian menunjukkan Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh harga r1y = 0.921 hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan nilai rtabel pada N = 124 dengan taraf signifikan 5% sebesar 0.176 karena rhitung > rtabel atau 0.921 .>.0.176 maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan yang positif antara X1 dengan Y. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh harga r1y = 0.924 hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan nilai rtabel pada N = 124 dengan taraf signifikan 5% sebesar 0.176 karena rhitung > rtabel atau 0.924.>.0.176 maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan yang positif antara X dengan Y. Berdasarkan hasil perhitungan dapat diperoleh harga ry12 = 0.863 Hasil tersebut dikonsultasikan dengan nilai nilai rtabel dengan N = 124 pada taraf signifikasi 5% sebesar 0.176 karena rhitung > rtabel atau 0.863.>.0.176 maka dapat dikatakan bahwa hubungan X1 dan X2 dengan Y adalah hubungan yang positif

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Utilisation of Surrounding Environment as Learning Resources, Learning Interest, Geography Learning Achievement.
Subjects: L Education > L Education (General)
Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam
Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam
Depositing User: Titin Retnosari
Date Deposited: 22 Oct 2023 14:11
Last Modified: 22 Oct 2023 14:11
URI: http://repository.undar.ac.id/id/eprint/285

Actions (login required)

View Item
View Item