Pengaruh Pembelajaran Kitab Kuning Terhadap Tingkat Religiusitas Dan Perilaku Kejujuran Di Madrasah Aliyah Midanutta’lim Jombang

ALAWI, BURHANUDDIN (2023) Pengaruh Pembelajaran Kitab Kuning Terhadap Tingkat Religiusitas Dan Perilaku Kejujuran Di Madrasah Aliyah Midanutta’lim Jombang. Other thesis, Universitas Darul Ulum.

[thumbnail of Abstrac] Text (Abstrac)
S2‐21010002‐ABSTRACT.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (713kB)
[thumbnail of Bab 1 Introduction] Text (Bab 1 Introduction)
S2‐21010002‐Bab I Introduction.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (485kB)
[thumbnail of Bibliography] Text (Bibliography)
S2‐21010002‐Bibliography.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (473kB)
[thumbnail of Full Tesis] Text (Full Tesis)
S2‐21010002‐Full Tesis.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi pengaruh pembelajaran Kitab Kuning terhadap tingkat religiusitas dan perilaku kejujuran di Madrasah Aliyah Midanutta'lim, Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Temuan penelitian menunjukkan beberapa hal penting. Pertama, terdapat hubungan positif linear antara pembelajaran Kitab Kuning dan tingkat religiusitas siswa, dengan korelasi sebesar 0,448. Semakin intensif siswa mempelajari Kitab Kuning, semakin tinggi tingkat religiusitas mereka. Namun, ada kebutuhan untuk penelitian lebih lanjut guna memahami faktor-faktor tambahan yang dapat mempengaruhi religiusitas secara lebih mendalam. Kedua, ditemukan hubungan positif antara pembelajaran Kitab Kuning dan perilaku kejujuran siswa, yang didukung oleh koefisien korelasi (r) sebesar 0,342 dengan signifikansi (sig) 0,04. Hasil ini menandakan bahwa pembelajaran Kitab Kuning memiliki potensi untuk meningkatkan perilaku kejujuran siswa, dengan kontribusi sebesar 11,7%. Hasil penelitian ini mendukung hipotesis awal dan mengindikasikan bahwa pembelajaran Kitab Kuning dapat membentuk karakter siswa baik secara individual maupun kolektif. Temuan utama adalah adanya keterkaitan yang signifikan antara pembelajaran Kitab Kuning, peningkatan religiusitas, dan perubahan perilaku kejujuran siswa di Madrasah Aliyah Midanutta'lim. Pembelajaran Kitab Kuning membantu dalam memahami aspek-aspek keagamaan, memperkuat keyakinan, dan menerapkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Analisis menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat pembelajaran Kitab Kuning yang diikuti siswa, semakin tinggi tingkat religiusitas dan perilaku kejujuran yang mereka tunjukkan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kitab Kuning, Religiusitas, Kejujuran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam
Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Burhanuddin Alawi
Date Deposited: 22 Oct 2023 13:40
Last Modified: 22 Oct 2023 13:40
URI: http://repository.undar.ac.id/id/eprint/247

Actions (login required)

View Item
View Item