Implementasi Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Karakter Siswa SDN Bareng 4 Kecamatan Bareng

Ilmi Zakiyatul Fakhiroh, Ilmi Zakiya (2023) Implementasi Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Karakter Siswa SDN Bareng 4 Kecamatan Bareng. Other thesis, Universitas Darul Ulum.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
S1-2023-201904010010-Abstrak.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (449kB)
[thumbnail of Bab 1 Introduction] Text (Bab 1 Introduction)
S1-2023-201904010010-BAB I.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (658kB)
[thumbnail of Bibliography] Text (Bibliography)
S1-2023-201904010010-Referensi.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (501kB)
[thumbnail of full tesis] Text (full tesis)
S1 - 2023 - 201904010010 - Fullreport Skripsi.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keadaan yang diuraikan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
Implementasi Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Karakter Siswa SDN Bareng 4
Kecamatan Bareng,dan bagaimanakah hasil dari implementasi shalat dhuha dalam
pembentukan karakter siswa SDN Bareng 4, adakah faktor pendukung serta
faktor penghambat implementasi shalat dhuha dalam pembentukan karakter siswa
SDN Bareng 4.
Metode dan Jenis pendekatan penelitian pada skripsi ini adalah deskriptif studi
kasus SDN Bareng 4 Kecamatan Bareng. Dan kualitatif yang lebih menekankan
Implementasi Sholat Dhuha Dalam Pembentukan Karakter Siswa adapun analisis
pada proses penyimpulan. Pengumpulan data dilakukan dengan Trigulasi yakni
mengadakan Obsevasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan analisis data
menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan: (1) Pelaksanaan program pembiasaan shalat
dhuha di SDN Bareng 4 Kecamatan Bareng di laksanakan setiap hari hari selasa –
jum’at secara terus menerus. Shalat dhuha ini dilaksanakan secara berjama’ah.
Guru pembimbing memantau dan mendampingi dari awal pelaksanaan sampai
selesai pelaksanaan. (2) Bentuk pembentukan karakter siswa SDN Bareng 4
melalui pembiasaan sholat dhuha ialah dengan pembiasaan, keteledanan dan
nasehat yang setiap hari dilakukan oleh pihak sekolah. (3) Dampak implementasi
sholat dhuha dalam pembentukan Karakter siswa SDN Bareng 4 Kecamatan
Bareng dapat dikatakan cukup baik. Hal ini ditandai dengan perubahan perilaku
positif siswa. Perubahan itu terlihat: pertama, siswa memiliki akhlak yang baik
terhadap Allah SWT, terhadap sesama teman, meningkatnya kecerdasan spiritual
siswa, meningkatnya kedisiplinan waktu dan terbentuknya akhlakul karimah pada
diri siswa. (4) Faktor pendukung kegiatan implementasi sholat dhuha diantaranya
tingginya motivasi guru dan kesadaran serta antusias siswa untuk menjalankan
program pembiasaan sholat dhuha (5) Faktor penghambat atau kendala dalam
pelaksanaan pembiasaan sholat dhuha ini ialah sarana dan prasana yang kurang
memadai dan beberapa siswa yang kurang disiplin.
Upaya untuk mengatasi kendala ialah menggunakan tempat ruang kelas atau
perpustakaan sampai pembangunan tempat ibadah terealisasikan dan selalu
memberi pengawasan dan nasehat kepada siswa yang masih kurang disiplin.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: PAD,Clasification of regional taxes and levies,Potential regional taxes and levies,OLS (Ordinary Least Square)
Subjects: Universitas Darul Ulum > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Universitas Darul Ulum > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Art
Depositing User: Ilmi Zakiyatul Fakhiroh
Date Deposited: 19 Oct 2023 04:44
Last Modified: 19 Oct 2023 04:44
URI: http://repository.undar.ac.id/id/eprint/233

Actions (login required)

View Item
View Item