Siti Shofiyatun Nikmah, Shofi (2023) IMPLEMENTASI METODE QIROATI PADA KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA BALITA DI TPQ ROUDLOTUL QUR’AN DESA CUKIR KECAMATAN DIWEK KABUPATEN JOMBANG. Other thesis, Universitas Darul Ulum.
S1-2023-201904010042-Abstrac.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (192kB)
S1-2023-201904010042-Bab I Introduction.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (648kB)
S1-2023-201904010042-Reference.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (284kB)
S1-2023-201904010042-Full Report.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Metode Qiroati Pada Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Balita Di TPQ Roudlotul Qur’an Desa Cukir Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Qiroati memiliki 5 tahapan yaitu pra Qiroati, jilid 1-6, juz 27, Al-Qur’an dan finishing.
Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan : (1) Pelaksanaan kegiatan belajar membaca Al-Qur’an pada balita dilakukan setiap hari sabtu-kamis selama 1 jam. (2) Pembentukan karakter santri TPQ Roudlotul Qur’an melalui membaca Al-Qur’an pada usia balita ialah meningkatkan generasi islam yang Qur’ani dan membentuk generasi yang berakhlak mulia.(3) Faktor pendukung dalam metode ini diantaranya guru yang sudah bersyahadah,santri yang masuk tepat waktu, sarana dan prasarana, orang tua yang selalu memberi motivasi pada anaknya. (4) Faktor penghambat atau kendala dalam metode ini adalah diantaranya santri yang terlambat dan kurang fokus dalam memperhatikan materi, dan waktu yang relative singkat.
Saran untuk pihak TPQ sebaiknya menambah waktu pembelajaran, dan untuk pengajar sebaiknya memberikan hukuman bagi santri yang tidak menaati peraturan dan memberikan motivasi kepada santri dalam pembelajaran supaya minat belajar santri bisa naik dan lebih aktif dalam pembelajaran.
Dari hasil penelitian yang dapat diambil kesimpulan adalah evaluasi kegiatan belajar mengajar dilakuakn setiap pertemuan yang hasilnya dituangkan dalam buku prestasi santri dan pada kenaikan jilid yang menguji kenaikan jilid ditulis dalam buku prestasi santri. Dan bagi santri yang akan mengikuti imtihan dan hataman yang menguji adalah pihak kordinator kecamatan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PAD, Classification of regional taxes and levies, Potential regional taxes and levies, OLS (Ordinary Least Square) |
Subjects: | Universitas Darul Ulum > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam Universitas Darul Ulum > Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam H Social Sciences > HG Finance H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Art |
Depositing User: | Siti Sofiyatun Nikmah |
Date Deposited: | 22 Oct 2023 06:07 |
Last Modified: | 22 Oct 2023 06:07 |
URI: | http://repository.undar.ac.id/id/eprint/225 |