PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN E-COMMERCE TIKTOK SHOP, INFLUENCER MARKETING, DAN FEAR OF MISSING OUT (FOMO) TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA GEN Z DI JOMBANG

RIA NOVI RAHMA LESTARI, Ria (2025) PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN E-COMMERCE TIKTOK SHOP, INFLUENCER MARKETING, DAN FEAR OF MISSING OUT (FOMO) TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA GEN Z DI JOMBANG. Other thesis, Universitas Darul Ulum Jombang.

[thumbnail of Abstrac] Text (Abstrac)
S1_2025_212361201003_ ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (421kB)
[thumbnail of Bab 1 Introduction] Text (Bab 1 Introduction)
S1_2025_212361201009_BAB I introduction.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (893kB)
[thumbnail of Reference] Text (Reference)
S1_2025_212361201009_REFRENCE.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (581kB)
[thumbnail of Full Report] Text (Full Report)
S1_2025_212361201003_FULL REPORT.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Abstrak
Perkembangan teknologi dan internet yang pesat telah memberikan dampak signifikan terhadap perilaku konsumsi, khususnya di kalangan Generasi Z. Mereka cenderung mengikuti tren dan memanfaatkan platform e-commerce seperti Tiktok Shop dalam aktivitas berbelanja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh intensitas penggunaan e-commerce Tiktok Shop, influencer marketing, dan Fear of Missing Out (FOMO) terhadap perilaku konsumtif Generasi Z di Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dari 96 responden pengguna Tiktok Shop. Hasil penelitian ini bahwa variabel E-Commerce, Influencer Marketing dan Fear Of Missing Out dapat mempengaruhi Perilaku Konsumtif di TikTok Shop terhadap gen z sebesar 72,0% sedangkan 28,0% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa intensitas penggunaan e-commerce, influencer marketing, dan FOMO secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif Generasi Z.Secara parsial, masing-masing variabel menunjukkan tingkat pengaruh yang berbeda-beda terhadap perilaku konsumtif. Penelitian ini memberikan kontribusi secara teoritis untuk memahami faktor-faktor pendorong perilaku konsumtif di era digital dan menawarkan rekomendasi praktis bagi perusahaan untuk merancang strategi pemasaran yang lebih efektif. Keterbatasan penelitian ini adalah hanya berfokus pada e-commerce, pemasaran influencer, dan FOMO. Peneliti selanjutnya dapat mempertimbangkan untuk menambahkan variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Kata kunci: E-commerce, Toko TikTok, Influencer Marketing, FOMO, Perilaku Konsumtif

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Keywords: E-commerce, TikTok Store, Influencer Marketing, FOMO, Consumer Behavior
Subjects: Universitas Darul Ulum > Fakultas Ekonomi > Manajemen
Universitas Darul Ulum > Fakultas Ekonomi > Manajemen
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Ria Novi Rahma
Date Deposited: 30 Sep 2025 03:09
Last Modified: 30 Sep 2025 03:09
URI: http://repository.undar.ac.id/id/eprint/1742

Actions (login required)

View Item
View Item