PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN ATAS PERBUATAN OVERCLAIM PELAKU USAHA PADA PRODUK SKINCARE (Studi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen)

Nadia Firda Ayu Fernanda, Nadia (2025) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN ATAS PERBUATAN OVERCLAIM PELAKU USAHA PADA PRODUK SKINCARE (Studi Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen). Other thesis, Universitas Darul Ulum.

[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
S1-2025-212374201021-Abstract.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (67kB)
[thumbnail of Bab 1 Introduction] Text (Bab 1 Introduction)
S1-2025-212374201021-Bab 1 Introduction.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (418kB)
[thumbnail of Bibliography] Text (Bibliography)
S1-2025-212374201021-Referance.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (298kB)
[thumbnail of Full Tesis] Text (Full Tesis)
S1-2025-212374201021-Full Tesis.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Industri skincare berkembang dengan cepat seiring dengan meningkatnya kesadaran orang tentang pentingnya merawat kulit. Namun dalam memasarkan produknya, banyak pelaku usaha yang melakukan perbuatan overclaim atau klaim berlebihan terhadap manfaat produk yang tidak sesuai dengan fakta dan bukti ilmiahnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan perlindungan hukum bagi konsumen atas perbuatan overclaim yang dilakukan oleh pelaku usaha pada produk skincare berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach.) Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbuatan overclaim pada produk skincare bertentangan dengan ketentuan dalam Pasal 8 dan Pasal 10 Undang-Undang Perlindungan Konsumen yang melarang pelaku usaha memberikan informasi yang menyesatkan mengenai suatu produk serta melanggar hak-hak konsumen dalam Pasal 4 Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Pelaku usaha bertanggung jawab atas kerugian konsumen akibat perbuatan overclaim sebagaimana diatur dalam Pasal 19 Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Perlindungan hukum bagi konsumen dalam kasus overclaim produk skincare telah diatur dalam perundang-undangan, tetapi dalam implementasinya masih memerlukan pengawasan dari pemerintah dan lembaga berwenang.
Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Overclaim, Produk Skincare

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Overclaim, Produk Skincare.
Subjects: Universitas Darul Ulum > Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Universitas Darul Ulum > Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Law
Depositing User: nadia firda ayu
Date Deposited: 07 Aug 2025 06:46
Last Modified: 07 Aug 2025 06:46
URI: http://repository.undar.ac.id/id/eprint/1265

Actions (login required)

View Item
View Item