PENGARUH MOTIVASI MENGIKUTI PENJASKES DENGAN DISIPLIN TERHADAP PERATURAN SEKOLAH DAN SIKAP SPORTIF SISWA MTSN 3 KABUPATEN MOJOKERTO TAHUN 2022/2023

GEPI, HIMAWAN (2023) PENGARUH MOTIVASI MENGIKUTI PENJASKES DENGAN DISIPLIN TERHADAP PERATURAN SEKOLAH DAN SIKAP SPORTIF SISWA MTSN 3 KABUPATEN MOJOKERTO TAHUN 2022/2023. Masters thesis, UNIVERSITAS DARUL ULUM.

[thumbnail of Abstrac] Text (Abstrac)
S2-2023-21010047-ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (37kB)
[thumbnail of BAB I Pendahuluan] Text (BAB I Pendahuluan)
S2-2023-21010047-BAB I PENDAHULUAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (110kB)
[thumbnail of Bibliohraphic] Text (Bibliohraphic)
S2-2023-21010047-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (165kB)
[thumbnail of Fullreport] Text (Fullreport)
S2-2023-21010047-FULLREPORT_1.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (804kB) | Request a copy

Abstract

Motivasi mengikuti Penjaskes adalah faktor internal atau eksternal yang mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan Penjaskes. Motivasi ini dapat berasal dari keinginan siswa untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran fisik, mencapai prestasi dalam bidang olahraga, atau sekadar menikmati aktivitas fisik secara menyenangkan. Motivasi yang tinggi diyakini dapat memengaruhi keterlibatan siswa dalam pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar mereka.
Selain motivasi, disiplin juga merupakan faktor penting dalam pendidikan jasmani dan kesehatan. Disiplin mengacu pada kemampuan siswa untuk mengikuti aturan dan peraturan yang ditetapkan oleh sekolah. Tingkat disiplin siswa terhadap peraturan sekolah dapat mempengaruhi efektivitas pembelajaran Penjaskes serta mencerminkan sikap dan nilai-nilai siswa terkait tanggung jawab, kerjasama, dan integritas.
Sikap sportif adalah sikap yang mencerminkan fair play, etika, dan penghargaan terhadap lawan dalam konteks olahraga. Sikap sportif melibatkan perilaku yang sportif dan menghormati aturan serta menghargai kemenangan atau kekalahan dengan sikap yang baik. Sikap sportif yang positif penting dalam membangun hubungan sosial yang sehat dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif di dalam kelas maupun di luar kelas.
Penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif pada sampel acak kelas VII, VIII, IX MTsN 3 Mojokerto. Pelaksanaan penelitian dengan mengembangkan instrumen kemudian dilakukan pretest, treatment dengan pembelajaran metode sorogan, lalu dilakukan posttest. Instrumen yang dikembangkan berupa lembar observasi, angket dan pedoman wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada motivasi mengikuti penjaskes dengan kedisiplinan peserta didik terhadap peraturan MTsN 3 Mojokerto sebesar thitung (22.496) > ttabel (1.999). Berdasarkan hasil di atas thitung (4.176) > ttabel (1.999) berarti variabel independen berpengaruh signifikan dengan variabel dependen. Motivasi mengikuti penjaskes berpengaruh signifikan terhadap sikap sportif peserta didik MTsN 3 Mojokerto. Berdasarkan perhitungan di atas Fhitung (5320.340) > Ftabel (4.00), maka H0 ditolak berarti secara bersama-sama variabel independen berpengaruh signifikan dengan variabel dependen. analisis determinasi diperoleh hasil R2 = 0,995 atau 99.5%. Ini berarti bahwa yang berpengaruh dengan kedisiplinan siswa terhadap peraturan sekolah dan sikap sportif Siswa MTsN 3 Mojokerto Tahun Pelajaran 2021/2022 sebesar 99.5%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Motivation to Participate in Physical Education, Discipline, Sportsmanship Attitude of Students.
Subjects: L Education > L Education (General)
Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam
Universitas Darul Ulum > Pasca Sarjana > Pendidikan Islam
Depositing User: Gepi Himawan
Date Deposited: 04 Apr 2024 23:08
Last Modified: 04 Apr 2024 23:08
URI: http://repository.undar.ac.id/id/eprint/535

Actions (login required)

View Item
View Item