PENGELOMPOKAN KASUS NARKOBA BERDASARKAN UU NOMOR 35 TAHUN 2009 MENGGUNAKAN METODE K-MEANS

PRESILA, MARETA YOGI (2018) PENGELOMPOKAN KASUS NARKOBA BERDASARKAN UU NOMOR 35 TAHUN 2009 MENGGUNAKAN METODE K-MEANS. Other thesis, Universitas Darul 'Ulum.

[img] Text (Jurnal)
Tugas Akhir Mareta.docx - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pengelompokan Kasus Narkoba Berdasarkan UU Nomor 35 Tahun 2009 Menggunakan Metode K-Means. Seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat jenis-jenis narkotika dan psikotropika bertambah banyak, jenis-jenisnya pun yang beredar di kalangan pecandu makin bervariasi. Dulu pengguna narkoba hanya ada di kota besar-besar. Sekarang pelakunya meluas ke kota kecil, bahkan ke desa-desa di seluruh pelosok indonesia. Tidak hanya hanya menyerang pada usia dewasa saja, namun juga menyerang usia remaja, maupun usia dini.
Metode K-Means merupakan metode untuk teknik clustering yang paling sederhana dan umum.K-Means merupakan salah satu metode pengelompokan data nonhirarki (sekatan) yang berusaha mempartisi data yang ada ke dalam bentuk dua atau lebih kelompok. Metode ini mempartisi data ke dalam kelompok sehingga data berkarakteristik sama dimasukkan ke dalam satu kelompok yang sama dan data yang berkarakteristik berbeda dikelompokkan ke dalam kelompok yang lain. Tujuan dari pengelompokan ini adalah untuk meminimalkan fungsi objektif yang diset dalam proses pengelompokan, yang pada umumnya berusaha meminimalkan variasi di dalam suatu kelompok dan memaksimalkan variasi antar kelompok.
Banyaknya kasus narkoba mulai yang muda sampai yang tua, membuat BNNK Mojokerto dan Polres Mojokerto Kota sulit mengelompokkan beberapa kasus ini. Sehingga manajemen datanya yang kurang akurat. Berdasarkan Latar belakang dan permasalahan diatas, di dapat rumusan masalah Bagaimana cara mengelompokkan kasus narkoba berdasarkan UU Nomor 35 Tahun 2009 menggunakan metode K-means. Dan penelitian ini bertujuan untuk Membantu BNNK Mojokerto dan Polres Mojokerto Kota dalam mengelompokkan data pengguna dan data pengedar narkoba yang ada. Menghasilkan keakuratan data dalam setiap pengelompokan data pengguna dan data pengedar narkoba.
Kata Kunci : Latar belakang, Metode K-Means, Tujuan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
YEAR > 2018
Depositing User: teknik informatika informatika
Date Deposited: 06 Feb 2021 11:47
Last Modified: 06 Feb 2021 11:47
URI: http://repository.undar.ac.id/id/eprint/149

Actions (login required)

View Item View Item