ANALISIS PENGARUH U-TURN (PUTAR BALIK ARAH) TERHADAP KINERJA ARUS LALU LINTAS RUAS JALAN BANYU URIP KOTA SURABAYA

Deni Wahyu Saputra, Deni (2021) ANALISIS PENGARUH U-TURN (PUTAR BALIK ARAH) TERHADAP KINERJA ARUS LALU LINTAS RUAS JALAN BANYU URIP KOTA SURABAYA. Other thesis, Universitas Darul Ulum.

[img] Text (Abstrac)
S1-2021-162322201024-Abstrak .pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (384kB)
[img] Text (BAB I Introduction)
S1-2021-162322201024-BAB I Introduction.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (392kB)
[img] Text (Reference)
S1-2021-162322201024-Reference.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (578kB)
[img] Text (Full Tesis)
S1-2021-162322201024-Full Report.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan kendaraan di kota-kota besar seperti Surabaya yang begitu pesat mengakibatkan kemacetan lalu lintas di beberapa ruas jalan, salah satunya Jalan Banyu Urip. Keberadaan u-turn pada bukaan median di ruas jalan disinyalir salah satu penyebab kemacetan lalu lintas terutama di jam-jam sibuk. Kendaraan saat melakukan u-turn membutuhkan lebih banyak waktu, sehingga berakibat tertundanya pengguna jalan baik yang searah maupun berlawanan arah. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisa volume u-turn lalu lintas, mengetahui tingkat pelayanan pada Jalan Banyu Urip, waktu tempuh rata-rata kendaraan yang akan melakukan u-turn, dan peluang antrian saat melakukan u-turn. Dari penelitian ini di harapkan memberi tambahan informasi dan bahan masukan dalam melakukan kebijakan pola pengaturan dan managemen lalu lintas di Jalan Banyu Urip. Untuk mendapatkan tujuan tersebut digunakan Metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa waktu rata-rata kendaraan melakukan u-turn adalah 12,14 detik dan peluang antrian kendaraan dengan rasio (p) 7,29 > 1 terjadi antrian kendaraan sedangkan derajat kejenuhan dari arah Barat-Timur 0,63 sedangkan arah Timur-Barat 0,62 yang berati masih stabil karena DJ < 0,85 dengan tingkat pelayanan jalan adalah B.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kapasitas, U-Turn
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
University Structure > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
University Structure > Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Yusuf Salbiyah
Date Deposited: 25 Oct 2021 01:14
Last Modified: 25 Oct 2021 01:14
URI: http://repository.undar.ac.id/id/eprint/1789

Actions (login required)

View Item View Item