PELAYANAN PUBLIK BERBASIS DARING ( Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jombang)

HUDA, SYAMSUL (2020) PELAYANAN PUBLIK BERBASIS DARING ( Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jombang). Other thesis, UNIVERSITAS DARUL ULUM.

[img] Text (Abstrak)
S1-2020-152374201062-ABSTRAK.pdf

Download (513kB)
[img] Text (bab 1 introduction)
S1-2020-152374201062-BAB I.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (444kB)
[img] Text (refrence)
S1-2020-152374201062-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (300kB)
[img] Text (full thesis)
S1-2020-152374201062-FULL SKRIPSI.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Fokus pembahasan yang akan dibahas dalam penelitian ini ada dua pokok pembahasan, yakni Implementasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK), mengenai bagaimana peranan SIAK itu sendiri sebagai web penertiban dokumen kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jombang, kemudian mengenai manfaat apa yang akan didengan diterapkannya Sistem Informasi dan Administrasi Kependudukan (SIAK) di Dinas Kependudukan dan Pencatatn Sipil Kabupaten Jombang terkait Efektivits waktu dan efisiensi biaya yang dapat dirasakan oleh masyarakat yag ada di Jombang tentunya..
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus yang mana teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah teori Fungsional Struktural (AGIL) oleh Talcot Parsons.
Dari penelitian ini, menemukan beberapa hasil : (1) SIAK diberlakukan sejak tahun 2011 di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jombang sebagai pengganti SIMDUK. Dalam memanagemen dokumen kependudukan, SIMDUK dirasa kurang optimal dalam memelihara tertib dokumen kependudukan karena pada SIMDUK masih banyak ditemukan data identitas kependudukan ganda. Maka untuk mengatasi permasalahan tersebut Kemedagri memperbaharui sistem yang lama dengan menetapkan sistem yang baru yaitu SIAK dengan harapan mampu menjawab permasalahan pada sistem yang lama. (2) Untuk pengoptimalan keberlangsungan SIAK dalam hal administrasi kependudukan maka diberlakukannya sistem Daring atau dalam jaringan oleh Kemendagri kepada seluruh lapisan pelayanan Administrasi negara. Untuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil se Indonesia penerapan SIAK berbasis Daring ini baru diberlakukan pada tahun 2018. Dengan diberlakukannya SIAK berbasis Daring ini, sedikit banyak membantu kualitas pelayanan public di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jombang.

Kata Kunci : Pelayanan Publik, Daring, SIAK

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Daring, SIAK
Subjects: University Structure > Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
University Structure > Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Raden Winarno
Date Deposited: 20 Oct 2021 13:34
Last Modified: 20 Oct 2021 13:34
URI: http://repository.undar.ac.id/id/eprint/1707

Actions (login required)

View Item View Item