PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN TAJWID UNTUK SISWA KELAS III & IV MI SABILLILLAH NGANJUK

Darmayanti, Titik Dian (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN TAJWID UNTUK SISWA KELAS III & IV MI SABILLILLAH NGANJUK. Other thesis, Uniersitas Darul Ulum.

[img] Text (Abstrac)
S1-2021-172355201061-Abstrac.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (70kB)
[img] Text (Bab 1 Introduction)
S1-2021-172355201061-Bab I Introduction.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (178kB)
[img] Text (Bibiography)
S1-2021-172355201061-Reference.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (126kB)
[img] Text (Full Tesis)
S1-2021-172355201061-Full Report.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membawa perubahan signifikan di dunia pendidikan untuk memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Teknologi sebagai media pembelajaran dapat dikemas dalam berbagai konsep. Beberapa diantaranya yaitu berupa game edukasi, latihan soal, penjabaran materi pembelajaran yang dapat diakses melalui berbagai media teknologi berbasis smartphone. Proses belajar mengajar dikelas masih menggunaan media pembelajaran menggunakan buku pedoman ,menjelaskan materi, memberi contoh sehingga dirasa kurang menarik dan membosankan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran yang lebih modern, efektif, inovatif, dan efisien guna meningatkan minat belajar siswa dan pemahaman siswa dalam proses belajar terutama pada materi ilmu tajwid.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan (Research & Development) untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Pengembangan aplikasi ini terdiri dari 9 tahapan yaitu : Analisis Kebutuhan, Perancangan Desain, Implementasi Desain, Pengujian, Validitas Ahli Materi dan Ahli Media, Revisi Media, Uji Kelayakan Di Sekolah, Perbaikan Media, Produk. Game ini berisi 3 level game yang berbeda materi dan soal latihan pada tiap-tiap level game tersebut. Level 1 berisi materi hukum bacaan tajwid dan soal latihan, level 2 berisi materi bacaan Al-Qur’an dan soal latihan, dan level 3 berisi materi hukum mad dan soal latihan.
Hasil penelitian ini yaitu, game edukasi ilmu tajwid yang dibuat dan dikemas berbasis android sehingga dapat diakses dengan mudah. Dengan adanya aplikasi game edukasi tajwid ini siswa dapat bermain sekaligus belajar hukum ilmu tajwid dan bacaan lafaz Al-Qur’an dengan benar. Serta dapat memberikan banyak manfaat kepada pihak guru, seperti bertambahnya minat belajar siswa , serta pembelajaran di kelas lebih komunikatif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Game Edukasi, Ilmu Tajwid, Android
Subjects: L Education > L Education (General)
University Structure > Fakultas Teknik > Teknik Informatika
University Structure > Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: titk dian darmayani
Date Deposited: 12 Sep 2021 05:47
Last Modified: 12 Sep 2021 05:47
URI: http://repository.undar.ac.id/id/eprint/1420

Actions (login required)

View Item View Item