KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE BLIBLIO KONSELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MA

ANIK, MUTHOHAROH (2021) KEEFEKTIFAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN METODE BLIBLIO KONSELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MA. Other thesis, UNIVERSITAS DARUL 'ULUM.

[img] Text (ABSTRAK)
12. ABSTRAK.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (10kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
13. BAB I PENDAHULUAN.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (111kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (85kB)
[img] Text (S1 172386201027)
S1 172386201027 SKRIPSI FULL.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (645kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

ANIK MUTHOHAROH 172386201027
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena rendahnya motivasi belajar siswa di MAN 5 JOMBANG. Motivasi belajar merupakan dorongan yang timbul dalam diri seseorang untuk melakukan suatu tindakan, dan berusaha mengadakan perubahan tingkah laku dalam proses belajar yang lebih baik secara terus menerus demi mencapai suatu tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok teknik bibliokonseling untuk meningkatkan motivasi belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one-group pretest-postest. Sampel yang digunakan berjumlah 9 siswa kelas XII MAN 5 JOMBANG yang memiliki motivasi belajar rendah. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu sampling purposive. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan skala motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji N-Gain dan uji independent sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment berupa bimbingan kelompok teknik bibliokonseling mengalami peningkatan yaitu hasil awal saat pretest rata- rata skor 39,0 menjadi 87,2 saat postest. Dan hasil rata-rata N-Gain score sebesar 92% termasuk kategori efektif. Selain itu, diperoleh data dari hasil uji independent Sample T-Test yaitu nilai sig. 2-tailed 0,000 < 0,05 maka hipotesis penelitian diterima. Hal ini berarti bahwa bimbingan kelompok teknik bibliokonseling terbukti efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN 5 JOMBANG. Saran yang dapat diberikan yaitu konselor sekolah dapat menerapkan dan mengembangkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik yang bervariasi salah satunya teknik bibliokonseling sebagai salah satu strategi alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kata kunci: motivasi belajar, bimbingan kelompok, teknik bibliokonseling

ABSTRAK

ANIK MUTHOHAROH 172386201027
The study is conducted based on a low phenomenon of student learning motivation at man 5 of the jombang. Learning motivation is an impelling force that arises in a person to act, and tries to change behavior in a continual, better learning process to achieve a goal. The purpose of this study is to see the effectiveness of the guidance of a bibliocounseling technique group to increase the motivation for learning. The type of research used is experimental research in a one-group prepostest design. The samples used number 9 xii senior class men 5 jombang who had low motivation to study. The sample sampling technique on this research is sampling adhesive. The data collection method used is interviews and the motivational scale of learning. The data analysis techniques used are n- gain and independent test tests. Research shows that the students' prior and subsequent learning motivation in the treatment of the bibliocounseling technical group experienced an average increase of 48.2%. The initial results of the time pretest of 39.0 percent became 87.2 % postest. Additionally, data obtained from the independent test of t-test samples the value of sig. 2-tailed 0,000 0.05 then the research hypothesis was accepted. This means that the guidance of the bibliocounseling technique group proved effective to increase the student's study motivation at man 5 jombang. Advice that can be given.
Keywords: learning motivation, group guidance, bibliocounseling techniques

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: motivasi belajar, bimbingan kelompok, teknik bibliokonseling
Subjects: University Structure > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
University Structure > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: siti arifah
Date Deposited: 03 Sep 2021 16:55
Last Modified: 03 Sep 2021 16:55
URI: http://repository.undar.ac.id/id/eprint/1383

Actions (login required)

View Item View Item